Konsultan Branding Surabaya

Konsultan Branding Surabaya

Konsultan Branding Surabaya

Kata branding ini asalnya dari kata brand, dalam bahasa Indonesia yang berarti merek. Dalam pemakaiannya, kata brand dan branding mempunyai makna yang berbeda. Seperti disebutkan dalam berbagai sumber, kata brand ini artinya merek, sementara branding merupakan sebuah prosesnya.

Jadi, definisi dari branding merupakan berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk mendirikan dan membesarkan suatu brand atau merek. Lebih lanjut, proses branding ini dapat juga diartikan sebagai sebuah usaha komunikasi yang dibuat sedemikian rupa dan didesain oleh suatu perusahaan.

Lalu apa tujuannya? Umumnya, tujuannya yakni untuk membuat suatu merek lebih populer. Apakah cuma itu tujuannya? Pastinya tidak. Ada tujuan lain yang ingin diraih dari branding. Di mana akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga : Konsultan Branding Bandung

Definisi dari Branding Menurut Para Ahli

Lalu, apa yang disebut dengan branding didasarkan perspektif para ahli? Beberapa ahli  menerangkan definisi branding menurut pengetahuan mereka, di antaranya:

  • Philip Kotler

Menurut Kotler, definisi branding merupakan pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari keseluruhan, yang dibuat dengan tujuan untuk menggolongkan produk atau jasa atau kelompok penjual dan membedakan dari produk atau jasa kompetitor.

  • Benny Landa

Menurut Landa, definisi branding yakni bukanlah sekadar merek atau nama dagang dari suatu produk, jasa atau perusahaan. Akan tetapi semuanya yang berhubungan dengan hal-hal yang tidak terlihat mata dari suatu merek; mulai dari nama usaha, logo, visual, citra, kepercayaan, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di pikiran konsumen perusahaan itu.

  • Wikipedia

Menurut dari wikipedia, definisi dari branding merupakan proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di pikiran dan hati konsumen lewat berbagai macam cara yang memberikan dampak untuk kehidupan konsumen tersebut.

Konsultan Branding Surabaya
Konsultan Branding Surabaya

Unsur-Unsur Branding

Sesudah mengerti apa itu branding, berikutnya anda perlu tahu apa saja unsur-unsur yang ada dalam branding. Unsur penting pada suatu kegiatan branding adalah nama usaha atau merek itu sendiri. Akan tetapi brand wajib didukung juga oleh lambang atau simbol identitas visual sebagai pendukung komunikasi marketing suatu merek supaya lebih gampang dikenal dan diingat oleh konsumen.

Unsur-unsur branding yakni di antaranya:

  • Nama sebuah merek.
  • Logo seperti logo type, monogram, bendera. Jika anda membutuhkan referensi desain logo, anda bisa kunjungi page portofolio kami
  • Tampilan visual meliputi desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya.
  • Juru bicara seperti co-founder, mascot, tokoh perusahaan, tokoh terkenal.
  • Suara seperti lagu tematik.
  • Kata-kata meliputi slogan, tagline, jingle, akronim.

Baca juga : Daftar Harga Desain Logo

Jenis-Jenis Branding

Kegiatan branding bisa dibedakan menjadi  beberapa jenis, diantaranya:

  • Product Branding

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendorong konsumen supaya lebih memilih produk yang di-branding ketimbang produk kompetitor.

  • Personal Branding

Personal branding merupakan sebuah alat pemasaran yang dipakai untuk mengangkat nama seorang publik figur, sebagai contoh politisi, musisi, selebriti, dan lain-lain. Dengan begitu publik figur tersebut memperoleh citra yang baik di mata masyarakat.

  • Corporate

Tujuan corporate branding yakni untuk meningkatkan reputasi suatu perusahaan di pasar, mencakup semua hal perusahaan tersebut mulai dari produk atau jasa yang disediakan sampai kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.

  • Geographic

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memunculkan gambaran dari suatu produk atau jasa pada saat nama lokasi tersebut dikatakan oleh seseorang.

  • Cultural

Memiliki tujuan untuk mengembangkan reputasi berkaitan dengan lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan.

Baca juga : Jasa Branding UKM

Fungsi dan Tujuan Konsultan Branding Surabaya Pada Bisnis

Terdapat 4 fungsi dari konsultan branding surabaya dalam kegiatan usaha, di antaranya:

  • Pembeda: produk yang telah mempunyai brand kuat akan gampang dibedakan dengan brand merk lain
  • Promosi dan Daya Tarik: produk yang memiliki brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih gampang dipromosikan
  • Mendirikan Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise: fungsi branding yakni untuk membentuk citra sehingga membuat suatu produk gampang diingat oleh orang lain.
  • Mengontrol Pasar: brand yang kuat akan lebih gampang mengontrol pasar sebab masyarakat sudah mengenal, percaya, dan mengingat brand tersebut.

Baca juga : Daftar Harga Paket Branding

Konsultan Branding Surabaya

Jadi, apakah anda minat dengan konsultan branding surabaya? Sebab ini merupakan satu-satunya hal yang harus anda coba untuk meningkatkan kualitas usaha anda. Dengan konsultan branding surabaya, anda akan memperoleh banyak manfaat untuk kemajuan usaha anda.

Maka dari itu, supaya konsultan branding surabaya dapat terlaksana dengan baik, anda wajib menggunakan konsultan branding surabaya seperti kami. Karena konsultan branding surabaya kami memiliki kualitas dan mutu terbaik serta profesional kami sudah tidak bisa diragukan lagi. Bisa kami buktikan dengan testimoni dari klien kami.

Konsultan branding surabaya kami mempunyai hal-hal yang akan membuat usaha anda makin maju dengan apa yang konsultan branding surabaya kami dan anda lakukan sekarang. Informasi mengenai sistem order anda bisa kunjungi page  “Cara Order” kami.

Ingin Meeting Dengan Kami Untuk Diskusi Budget dan Kebutuhan Branding Anda?

Dapatkan Konsultasi Gratis, Hubungi Kami