Perhatikan 3 Hal Ini Saat Membuat Desain Company Profile

Desain Company Profile

Desain Company Profile

Desain company profile harus dibuat semenarik mungkin agar audiens mau meluangkan waktunya untuk membaca dan memahami isi compro perusahaan anda. Bukan semata-mata sebuah brosur atau website yang dibuat asal-asalan, compro ini bisa menjadi marketer berjalan yang punya jangka waktu penayangan yang lama.

Bukan hanya seorang individu saja yang membutuhkan “perkenalan”, tetapi perusahaan pun sama. Bedanya, perusahaan memperkenalkan diri kepada klien, investor, mitra bisnis dan konsumennya. Cara perusahaan berkenalan ialah melalui sebuah company profile.

Kenyataan di lapangan memperlihatkan kalau personal branding saja dibuat semaksimal mungkin agar ada rekruter yang tertarik untuk meng-hire orang tersebut. Nah kalau sudah begitu, seharusnya company profile juga punya desain yang lebih menarik untuk bisa mendatangkan klien potensial bahkan investor.

Company profile berisikan informasi lengkap tentang perusahaan seperti visi dan misi, biografi singkat berdirinya perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, produk yang dijual dan lain-lain. Apapun media yang digunakan untuk menampilkan company profile pada intinya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness konsumen. Dengan kata lain, keberadaan sebuah compro ini sebenarnya merupakan identitas resmi perusahaan sekaligus alat branding utama.

Baca juga : Company Profile Jasa Angkutan

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Membuat Desain Company Profile

Sebelum masuk ke pembahasan inti, anda harus tahu kalau tidak ada standar baku yang ditetapkan untuk membuat company profile. Jika berupa brosur, tidak ada ketentuan tetap berapa jumlah halaman yang digunakan. Semua itu bergantung pada beberapa faktor, yakni karakteristik audiens seperti apa yang dituju, usia perusahaan dan ukuran perusahaan.

  1. Tentukan Tema Desain

Tema yang cocok dengan karakter perusahaan yang ingin diangkat menjadi pertimbangan pertama. Tentukanlah tema company profile yang selaras dengan branding perusahaan. Unsur apa saja yang masuk ke dalam tema desain? Ada font type, warna, background, gambar, table, bagan, grafik dan lainnya.  Kalau masih bingung untuk menentukan, anda bisa langsung mengkonsultasikannya bersama kami.

Mendesain logo adalah langkah dasar untuk menentukan branding bisnis anda. Logo membuat bisnis mudah diingat oleh konsumen. Pilihlah font tulisan dengan memperhatikan nilai professional perusahaan, sisi elegan dan bisa menunjukkan bahwa perusahaan punya layanan atau produk yang memuaskan.

Ada beragam pilihan font yang tersedia gratis di internet, anda tinggal memilih yang paling mendekati karakter perusahaan. Hal ini penting karena pemilihan font sama pentingnya dengan pembuatan logo. Selanjutnya, tata letak sebuah company profile juga harus diperhatikan. Ada banyak portfolio perusahaan lain untuk bisa dijadikan referensi.

Pastikanlah kalau desain company profile cocok dengan apa yang anda harapkan. Jika anda menggunakan jasa dari buatlogoonline maka pastikanlah untuk menyampaikan revisi yang diinginkan. Namun, sebagai pemilik bisnis juga anda perlu memberikan ide pada desainer agar hasilnya sesuai.

Pilihlah warna pada tiap unsur dengan sangat hati-hati, anda perhatikanlah keserasian antara logo, elemen grafis dan font yang digunakan. Cobalah untuk menghindari penggunaan warna yang terlalu bervariasi karena justru akan membuat bosan yang melihatnya.

  1. Tentukan Isi Konten

Setelah anda sudah selesai dengan urusan tema desain company profile, kini saatnya beralih untuk memikirkan isi konten. Kira-kira informasi di bawah ini yang dapat dicantumkan ke dalam company profile berbentuk brosur:

  • Kover depan sebagai cerminan perusahaan anda
  • Daftar isi
  • Kata pembuka yang berisikan sambutan dari pendiri perusahaan
  • Struktur SDM dalam perusahaan
  • Biografi perusahaan
  • Layanan atau produk yang ditawarkan
  • Visi dan misi
  • Pencapaian yang sudah diraih
  • Testimoni dari klien
  • Informasi identitas perusahaan meliputi alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi berupa email, nomor WhatsApp, faksimil, situs website dan akun media sosial.
  • Kover belakang

Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen grafis, chart dan table untuk memperlihatkan target pasar perusahaan. Anda hanya perlu memilih mana yang benar-benar akan ditampilkan kepada audiens. Sebab kalau terlalu banyak juga tidak bagus untuk visual desain company profile.

Pada bagian layanan atau produk yang ditawarkan, anda bisa menjelaskan bagaimana kinerja dari perusahaan. Bagaimana komitmen perusahaan saat menjalankan bisnisnya, semua itu dibuat agar audiens bisa dengan mudah melihat progress dari perusahaan.

Baca juga : Company Profile Perusahaan Jasa

Lengkapilah data-data perusahaan dengan informasi yang valid dan up to date. Data-data ini bisa berupa produk, profil perusahaan, sumber daya manusia di dalam perusahaan, karyawan dan lain-lain. Bagian ini membuat investor yakin untuk menginvestasikan dana kepada perusahaan anda.

Aturlah tata letak dengan rapi agar mempermudah pembaca company profile. Dengan begitu, mereka akan mudah untuk memahami dan mengerti mengenai “perkenalan” yang anda buat.  Lay out yang rapi juga bisa buat audiens betah untuk menyelesaikan membaca company profile yang dibuat.

  1. Cek Sebelum Diterbitkan

Cek dan recheck berulang sebelum menerbitkan company profile. HIndarilah typo penulisan atau kesalahan konten di dalam company profile. Jika anda mempercayakan jasa desain company profile di buatlogoonline, akan lebih baik lagi untuk mengeceknya sendiri, sehingga tidak ada kesalahan-kesalahan kecil di beberapa bagian. Semua itu bisa meningkatkan sisi profesional dari perusahaan.

Itulah tiga hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat desain company profile. Jika anda masih bingung desain company profile seperti apa yang tepat untuk perusahaan, kini anda bisa menggunakan jasa di buatlogoonline. Kami sudah berpengalaman untuk membuat company profile terbaik untuk tingkatkan bisnis anda.